Penutup Manhole Jaringan Perpipaan Air Limbah

Limbah cair merupakan sisa hasil penggunaan air bersih untuk berbagai kegiatan/aktivitas manusia. Aktivitas manusia seperti mandi, cuci, buang air inilah yang menghasilkan limbah cair. Pembuangan limbah air yang sembarangan, entah itu secara langsung maupun tidak langsung mengakibatkan menurunnya kualitas hidup dan kualitas lingkungan. Untuk itu, penanganan limbah cair yang baik dan optimal sangat diperlukan.

Pengoptimalan sistem sanitasi benar-benar diperlukan. Pengoptimalan sistem ini meliputi penyediaan sarana pembuangan air kotor melalui perpipaan dan berakhir pada instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Jaringan perpipaan dan instalasi pengolahan air limbah dapat akan optimal dengan perencanaan yang matang, perhitungan yang cermat sesuai ketentuan teknis.

Pada pembangunan jaringan perpipaan dan IPAL, harus juga dibuat manhole. Manhole adalah perlengkapan IPAL yang berfungsi sebagai tempat/jalan untuk memeriksa, memperbaiki, dan membersihkan saluran dari kotoran. Ukuran manhole haruslah besar, setidaknya cukup pekerja/teknisi dan peralatannya masuk ke dalam saluran. Ukuran minimum manhole adalah berdiameter 60 cm.

Selanjutnya, manhole ini harus ditutupi dengan rangka penutup yang dinamakan manhole cover. Manhole cover terdiri dari frame dan cover. Manhole cover yang baik dan sesuai dengan standar jaringan perpipaan dan IPAL adalah dari dari bahan cast iron. Kenapa manhole cover harus dari bahan cast iron?

  1. Kekuatan yang memadai untuk menopang beban tak terduga
  2. Pemasangan yang baik untuk mengantisipasi adanya aliran permukaan atau air hujan
  3. Pemasangan engsel atau kunci penutup untuk mencegah kerusakan atau hal-hal yang tidak diinginkan masuk ke dalam manhole

Agar jaringan perpipaan dan sistem pengolahan air limbah bekerja optimal, pembangunan harus sesuai dengan standar teknis, begitu pula dengan perlengkapan dan komponen-komponennya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Whatsapp